Jomblo = Single


Di era modern sekarang ini menurut gue banyak orang yang berbohong masalah perasaannya sendiri. Sakit gak si klo kayak gitu?

Contohnya pertanyaan yang sering gue denger kayak gini. Gue ilustrasikan gue ngobrol sama seorang cowok sebut aja si Jon.

“Bro... pacar elo mana?” tanya gue.
“Gak ada. Gue masih single.” Jawab jon.
“Alahh... pake bahasa single. Ngomong aja elo jomblo.” Seru gue sambil ngakak dalem gelas.
“Beda dong..! Jomblo itu nasib. Klo gue mah pringsip jadi Single. Inget itu.!” Jawab dia dengan gaspoll kayak Rossi lagi ngejer Lorenzo.
“Alahh... sama aja kali pengertiannya mah.” Jawab gue.

Dari yang gue ilustrasikan sudah sangat jelas. Klo para yang ngakunya single itu berbohong pada perasaan sendiri. Sok bilang prinsip padahal mah. Ah yasudahlah. :P

Untuk lebih jelasnya lagi, gue akan jelasin arti kata itu dari single maupun jomblo.

Pertama: Jomblo
Klo kalian cari arti kata jomblo di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pasti gak bakal nemu kata Jomblo. Ini gue baru cari di web resminya. Gue gak nyerah gitu aja, gue pun mulai searching via google.

Dari beberapa web membenarkan bahwa jomblo berasal dari kata jomlo. Kata tersebut berasal dari bahasa sunda yang telah dibakukan kedalam KBBI dan memiliki arti yang menurut gue si cukup sadis, arti kata tersebut yaitu “Gadis Tua”. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau belum punya pasangan. *Kayak gak ada cowok nganggur aja di luar sana. Apalagi cewek sunda terkenal seantero indonesia sebagai cewek yang cantik-cantik. Betul nggak mblo?

Dari yang gue baca kenapa kata jomlo berubah jadi jomblo. Ternyata kata jomlo sendiri lebih enak klo ditambahi huruf “b”. Yaelah simpel amat kali ya alesannya.
Tapi ada benernya juga, agak sulit bilang jomlo. Coba aja klo kalian gak percaya? Hehehe
Sehingga sampe sekarang kata jomlo berubah and lebih familiar dengan kata jomblo.

Seiring perkembangan zaman, kata Jomblo mengalami perluasan makna, tidak hanya untuk perempuan tapi untuk laki-laki juga. *Nah lho?

Kedua: Single
Single sebenernya berasal dari bahasa inggris yang artinya sendiri.
Kenapa ada yang bilang atau seperti ilustrasi diatas single itu beda dengan jomblo? Ini karena kreatifitas dari tekanan-tekanan para jomblo yang ingin berubah.
Mau masuk zona yang punya pasangan? Gak mungkin kan!

Dari kesendirian yang teramat sangat itu akhirnya mereka (Jomblo), lebih asyik main sendiri. Sampe akhirnya para jomblo menemukan jati diri dengan lebih suka menyendiri bermain game.
Ini bisa dililhat banyak game yang harus memilih antara single player atau second player dan sebagainya. Tentu seorang jomblo langsung memencet tulisan Single player. Hehehe

Tapi klo orang yang baru aja putus and sah menggunakan titel jomblo. Pasti dia lebih suka dibilang single. Gak percaya?
Coba deh cari temen elo yang baru putus. Pasti dia buru-buru ganti bio “Single” seluruh sosial media mereka.hehehe


Dari penjelasan singkat itu, sudah jelas klo Single atau Jomblo itu sama aja. Bukan begitu? Jadi gak usah sok-sokan bilang prinsip deh. Hehehe
Rifqi Banyol Silahkan berkunjung ke blog gue ya bro. Thanks supportnya! Disini bro! Banyolanesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel